Home / Berita / BERLOMBA SAMBIL BELAJAR KARAKTER DI SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG

BERLOMBA SAMBIL BELAJAR KARAKTER DI SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG

BELAJAR rukun Islam dikemas menarik dalam perlombaan yang digelar SD Plus Al-Kautsar, (21/1). Dalam lomba Lari Bendera Rukun Islam, peserta yang merupakan siswa TK diberi tugas mengurutkan rukun Islam yang ada di bendera. Suasana makin seru karena mereka tidak hanya dituntut cepat, tapi juga harus tepat mengurutkannya.
Setidaknya itulah gambaran dari salah satu lomba yang digelar dalam rangka Open House SD Plus Al Kautsar. Belajar sambil bermain dengan ide permainan kreatif ini sengaja disuguhkan sebagai gambaran pembelajaran di sekolah tersebut.
Ketua Open House, Fakhrudin Rifan, S.PI menjelaskan, dalam setiap lomba yang digelar terkandung banyak arti pembelajaran bagi siswa TK, utamanya pendidikan karakter.  
“Di lari bendera misalnya, selain memperkuat hafalan mereka tentang Rukun Islam,  anak-anak juga dilatih untuk berpikir cepat dan tepat,” terangnya.  
Menurutnya, pembelajaran berkualitas harus dilakukan dengan cara yang inovatif. Dalam hal ini perlu kreativitas guru dalam menjalankan tugasnya saat mengajar. Kegiatan belajar mengajar yang kreatif akan membuat siswa senang dan tidak jenuh.  Apalagi dalam prosesnya melibatkan peserta didik untuk turut aktif. Strategi ini akan membuat materi ajar semakin cepat dipahami dan tertanam kuat dalam memori siswa.  
Begitu juga dengan lomba mengancingkan baju.  Menurut Rifan dalam lomba tersebut terdapat unsur penguatan motorik halus. 
“Bermula dari urusan yang sederhana, motorik halus mereka jadi terasah untuk bersikap telaten dan sabar. Ini akan berpengaruh pada kegiatan mereka yang lain seperti menulis, mengikat tali sepatu dan sebagainya,” jelas Rifan.
Kesabaran dan  ketekunan juga diajarkan kepada peserta dalam lomba kolase bahan bekas. Melalui lomba tersebut, peserta juga diajak untuk kreatif untuk menghasilkan karya yang bagus.  
“Sebagai sekolah adiwiyata kami mengajarkan kepada peserta lomba untuk dapat memanfaatkan barang bekas untuk mengurangi limbah sampah yang ada di lingkungan,” tuturnya. 
Terakhir ada lomba menyusun kata. Rifan mengatakan lomba ini lebih pada kognitif siswa. Dengan beradu cepat, peserta harus bisa membuat sebuah kata dari huruf-huruf yang tersedia.  
“Dalam lomba ini,  peserta berlatih fokus dan konsentrasi agar dapat merangkai huruf dengan benar,” ujarnya.
Secara umum, lanjutnya, Open House SD Plus Al-Kautsar yang dimeriahkan banyak perlombaan dilaksanakan hingga Bulan Maret mendatang. Agenda rutin tahunan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan sekolah kepada masyarkat.Agar lebih kenal lebih dekat, maka undang masyarakat dengan kegiatan perlombaan yang diwadahi dalam program open house, tukasnya.
 
JUARA LOMBA (21 JANUARI 2018)
Mengancing Baju:
Juara 1 : TK An-Nur Tumpang
Juara 2 : TK Angkasa IV
Juara 3 : TK Balqist Azalia
Juara 4 : TK Islam Al-Muttaqin
 
Merangkai Huruf :
Juara 1 : TK ABA 7
Juara 2 : RA Muslimat 17
Juara 3 : TK An-Nur Tumpang
Juara 4 : TK An-Nur Tumpang
 
Bendera Rukun Islam:
Juara 1 : TK Dharma Wanita
Juara 2 : TK Balqist Azalia
Juara 3 : TK An-Nur Tumpang
Juara 4 : TK Angkasa II
 
Kolase Koran Bekas :
Juara 1 : PAUD Tunas Bangsa
Juara 2 : TK An-Nur Tumpang
Juara 3 : TK Zam-zam
Juara 4 : TK Balqist Azalia
 
DAFTAR LOMBA BERIKUTNYA :
Sabtu, 24 Februari 2018:
  1. Penyisihan Futsal

Minggu, 25 Februari 2018 :

  1. Penyisihan Futsal
  2. Olimpiade Matematika
  3. Hifdzil Qurn
  4. Puisi Islami

Minggu, 4 Maret 2018 :

  1. Final Futsal
  2. Mengurutkan Huruf Hijaiyah
  3. Do Sehari-hari
  4. Festival Mewarna
(Malang Post : 23 Januari 2018)

About SD Plus Al-Kautsar Malang

Check Also

Datangkan Guru dari Spanyol, Belajar Makin Asik

Siswa SD Plus Al-Kautsar Nampak lebih semangat di kelas. Mereka antusias mengikuti kelas bahasa Inggris …

Leave a Reply