Home / Artikel / HARI SANTRI AKAN MASUK KURIKULUM SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG

HARI SANTRI AKAN MASUK KURIKULUM SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG

SD Plus Al-Kautsar mewujudkan generasi religius yang sadar akan kebutuhan terhadap agama. Sehingga nilai-nilai keimanan dan keislaman menjadi landasan semua kiprah siswa, termasuk diantaranya adalah cinta Tanah Air.

Oleh karena itu, SD Plus Al-Kautsar merumuskan tujuan pendidikan dengan piramida terblik. Yaitu afektif, psikomotorik, dan kognitif. Jadi urutannya bukan kognitif, afektif dan psikomotorik yang dipakai sekolah pada umumnya.

“Kita tempatkan pengetahuan di belakang, yang utama adalah nilai ketuhanan sebagai landasan keseluruhannya. Sebagaimana Pancasila yang menempatkan butir Ketuhanan Yang Maha Esa berada di urutan pertama. Ini adalah karya ulama, sebab sebelumnya ketuhanan itu berada di posisi terakhir, “ujar Kepala SD Plus Al-Kautsar Dhiah Saptorini, S.E, M.Pd.

Ia berencana untuk menambahkan materi Hari Santri sebagai muatan tambahan dalam kurikulum. Langkah ini sebagai aktualisasi dari living curiculum yang juga telah dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan. “Living ciriculum itu kerikulum hidup, yang berkembang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan,“ ujarnya.

Dari proses perjuangan Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, secara historis maupun upaya mengintegrasikannya pada kurikulum, ia menyimpulkan bahwa ternyata memang ada nilai-nilai yang harus ditanamkan pada diri peserta didiknya. Dengan wawasan yang lebih luas diharapkan generasi muslim tidak berpikiran sempit. “Jadi religius itu tidak hanya sempit pada agama saja. Semakin kita beriman semakin rela berkorban dan semakin cinta pada Tanah Air. Bukan untuk pemerintah tapi untuk Bangsa dan Negara” Katanya.  (Malang Pos, 13/11/2016)

About

Check Also

SD Plus Al-Kautsar Santuni 100 Yatim Piatu

SD Plus Al-Kautsar Santuni 100 Yatim Piatu Malang-Memeringati Tahun Baru Hijriyah di Bulan Muharram 1437 …

Leave a Reply