Home / Artikel / INDAHNYA BERBAGI, GELAR SANTUNAN 124 ANAK YATIM

INDAHNYA BERBAGI, GELAR SANTUNAN 124 ANAK YATIM

MALANG – Wajah sumringah penuh kegembiraan terpancar dari wajah 124 anak yatim saat menghadiri undangan SD Plus Al-Kautsar, Rabu (11/10). Undangan ini dalam rangka kegiatan Muharram di SD Plus Al-Kautsar, dengan tema Indahnya Berbagi Bersama Anak Yatim.
Kegiatan santunan ini merupakan agenda rutin SD Plus Al-Kautsar di setiap Bulan Muharram. Dengan mengundang anak yatim, sekolah di Jalan Simpang Adi Sucipto ini mengajarkan kepada peserta didiknya untuk senang berbagi dan peduli kepada sesama.
Hal ini sesuai dengan perintah Allah dan ajaran Rasulullah agar satiap muslim memuliakan anak yatim, utamanya di Bulan Muharram. Kepala SD Plus Al-Kautsar Dr. Dhiah Saptorini, SE. M.Pd, menghibur para yatim dengan beberapa nasehat agar mereka tetap tegar dan tangguh menjalani hidup.
“Mungkin kalian menganggap hidup kalian tidak sempurna. Tetapi kedudukan kalian tidak kurang dari yang lain bahkan lebih mulia. Maka jangan merasa kecil hati atau merasa lebih rendah dari yang lain,” ucapnya.
Rini juga mengingatkan bahwa mereka tidak hidup sendiri. Tapi ada kaum muslimin yang selalu memperhatikan kondisi mereka. Bahkan menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk memuliakan anak yatim.
“Semoga di masa yang akan datang, kalian bisa memuliakan kalian sendiri, dengan berbuat kebajikan dan berkontribusi bagi agama dan bangsa. Jadilah kebanggaan orangtua dan yang membesarkan kalian,” pesannya.
Ia menegaskan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk maju. Tak peduli anak yatim maupun bukan. Sukses akan diraih oleh mereka yang tekun dan bersungguh-sungguh.
“Keterbatasan di satu hal bukan menjadi keterbatasan segala-galanya. Kalian harus tekun, rajin dan semangat belajar,” tegasnya.
Dalam kegiatan tersebut, setiap anak yatim mendapatkan santunan berupa bingkisan dan uang tunai. Santunan diberikan langsung oleh Kepala SD Plus Al-Kautsar didampingi Kabid Akademik Imam Syafi’i, S.Ag dan Pengawas PAI Kecamatan Blimbing Kankemenag Kota Malang, Dakelan, S.Ag. Hadir pula dalam acara ini perwakilan dari Kantor Kelurahan Pandanwangi dan Polsek Blimbing.

Kabid Humas SD Plus Al-Kautsar, Darmaji, S.Ag mengungkapkan pihaknya merasa bersyukur tahun ini bisa kembali berbagi pada anak yatim. Bahkan, dari target awal yang hanya 75 anak, menjadi berlipat sampai 124.

Hal ini karena dukungan orangtua siswa SD Plus Al-Kautsar yang begitu besar terhadap program tersebut.

“Alhamdulillah kami diberi kesempatan lagi untuk menyantuni anak yatim. Terimakasih kepada orangtua yang begitu besar dukungannya,” kata dia.

Darmaji mengatakan, anak yatim yang diundang diutamakan mereka yang tinggal di pemukiman warga sekitar sekolah. Namun karena dana yang berlebih dari orangtua, undangan melebar sampai keluar Kecamatan Blimbing hingga ke Kabupaten Malang.

Pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Blimbing Dakelan, S.Ag sangat mengapresiasi kegiatan santunan anak yatim tersebut. Menurutnya SD Plus Al-Kautsar telah melakukan sebuah proses pendidikan yang langsung menyentuh masyarakat.

“Kami nilai ini sangat bagus sebagai bentuk pengajaran pada anak-anak. Apalagi di zaman ini, jiwa sosial masyarakat sudah mulai pudar, maka perlu dikuatkan lagi melalui lembaga pendidikan,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Dakelan, keberadaan anak yatim perlu diperhatikan oleh masyarakat. Hal ini terkait dengan masa depan mereka. Apalagi, sudah menjadi perintah agama untuk memuliakan anak yatim.

“Apa yang telah dilakukan SD Plus Al-Kautsar layak menjadi contoh bagi sekolah yang lain. Kami dari pihak Kantor Kementerian Agama sangat mendukung,” tukasnya.

Dukungan lain, disampaikan oleh Slamet selaku pihak Polsek Blimbing. Ia menyampaikan terimakasih atas peran serta SD Plus Al-Kautsar yang selama ini ikut andil dalam memajukan Kecamatan Blimbing. Baik di sektor lingkungan, pendidikan dan sosial masyarakat.

“Kami senang dan terimakasih kepada pihak SD Plus Al-Kautsar,” kata dia. (Malang Post : 13, Oktober 2017)

About udin

Check Also

SD PLUS AL-KAUTSAR GELAR WORKSHOP INTERNASIONAL

MALANG – SD Plus Al-Kautsar menggelar workshop internasional yang diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari …

Leave a Reply