Home / Artikel / KAMPANYE CINTA LINGKUNGAN SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG, Menekan Emisi, Bebaskan Lingkungan dari Polusi

KAMPANYE CINTA LINGKUNGAN SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG, Menekan Emisi, Bebaskan Lingkungan dari Polusi

Peringatan Hari Emisi Nol kali ini menjadi satu dengan peringatan Hari Ozon dan Car Free Day. Even ini merupakan kali kedua yang digelar oleh SD Plus Al-Kautsar Malang. Bisa dikatakan bahwa program ini menjadi agenda rutin SD Plus Al-Kautsar Malang yang telah menyandang gelar Adiwiyata Mandiri. Program tersebut merupakan upaya sekolah untuk mengampanyekan lingkungan sehat. Salah satunya dengan terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan berkualitas.

Dengan peringatan Hari Emisi Nol ini, SD Plus Al-Kautsar Malang telah meningkatkan kesadaran semua orang bahwa penggunaan bahan bakar fosil harus dibatasi. Penggunaan bahan bakar yang berlebihan dan tanpa aturan berdampak pada perubahan iklim yang akhirnya akan merusak sistem yang mengancam kehidupan di bumi.  Dimulai dari lingkungan sekolah sendiri, mengajak anak-anak sebagai bentuk pembelajaran bagi mereka.

Puluhan siswa SD Plus Al-Kautsar Malang menggelar aksi jalan kaki dengan membawa spanduk dan poster berisi ajakan peduli terhadap lingkungan bebas polusi. Siswa berjalan sejauh 300 meter dari gerbang depan Perumahan Graha Pelita Asri (komplek SD Plus Al-Kautsar Malang) sampai masuk kelas. Bahkan, orang tua siswa yang mengantar anaknya dengan kendaraan bermotor harus berhenti sebelum masuk gerbang. Termasuk guru dan karyawan harus memarkir kendaraan mereka di luar gerbang sekolah. Aksi ini berlangsung dua jam hingga pukul 07.30 WIB dan didukung oleh pihak TNI dan Polri dari Wilayah Kecamatan Blimbing. Mereka ikut membantu jalannya acara, termasuk mengatur lalu lintas yang setiap pagi terlihat padat di lokasi kegiatan. 

Usai melakukan aksi ZeDay, kegiatan dilanjutkan dengan lomba poster yang diikuti oleh siswa dari kelas 3 sampai kelas 6. Dengan tema yang sama, yakni Menekan Emisi Bebaskan Lingkungan dari Polusi, siswa berlomba membuat poster.

SD Plus Al-Kautsar Malang berharap bisa menggugah perhatian publik. Tidak hanya disaksikan sebagai sebuah kegiatan siswa sekolah dasar yang tanpa makna, namun masyarakat harus turut serta mengambil peran untuk mencintai bumi tempat mereka hidup. Misalnya membuang sampah pada tempatnya serta hemat dalam penggunaan energi dan bahan bakar.

About SD Plus Al-Kautsar Malang

Check Also

Kapan Anak Bisa “Bermedsos”?

Dr. Dhiah Saptorini, S.E, M, Pd. (Kepala Sekolah SD Plus Al-Kautsar Malang)   “Hari gini …

Leave a Reply