Home / Artikel / Meningkatkan Kompetensi Siswa Dengan APE

Meningkatkan Kompetensi Siswa Dengan APE

Peraga edukatif merupakan sarana yang dapat merangsang aktifitas anak untuk mempelajari sesuatu tanpa menyadarinya, baik menggunakan tehnologi modern, maupun tehnologi sederhana bahkan bersifat tradisional. Sebagai upaya merangsang kemampuan fisik motorik anak (aspek psikomotorik), kemampuan sosial emosional (aspek afektif),  serta kemampuan kecerdasan (aspek kognitif).

Dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa dalam menerima pelajran disekolah, banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang pendidika untuk mencapai tujuan pembelajarannya, dianataranya adalah dengan membuat alat peraga. Seorang guru yang membuat Alat Peraga Edukatif (APE) ini harus memperhatikan beberapa terkait dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendidika ketika membuat APE adalah:

Berfungsi mengembangkan aspek-aspek  perkembangan anak usia TK

  1. Dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk dan bermacam tujuan,  aspek pengembangan atau manfaat multiguna
  2. Aman bagi anak
  3. Dirangsang untuk mendorong aktifitas dan kreatifitas
  4. Bersifat konstruktif atau ada sesuatu yang dihasilkan

APE dinilai baik apabila setelah digunakan dapat memberikan pengaruh positif atas peningkatan kompetensi siswa, utamanya pada kemampuan memahami dari materi yang disampaikan. Apabila penddik mengalami kendala dalam menggunakan peraganya dalam pembelajaran yakni belum adanya peningkatan kompetensi siswa ketika peraga diogunakan, maka sebaiknya seorang pendidik terus berinovasi agar peraga yang digunakan dapat berhasil secara maksimal dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan juga dapat mendorong siswa lebih kreatif. (ims/humas)

 

About

Check Also

SD PLUS AL-KAUTSAR GELAR WORKSHOP INTERNASIONAL

MALANG – SD Plus Al-Kautsar menggelar workshop internasional yang diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari …

Leave a Reply