Home / Berita / Motivasi Pagi POSTING

Motivasi Pagi POSTING

Salah satu aktifitas rutin para guru dan pegawai SD Plus Al Kautsar Malang adalah mengikuti motivasi pagi. Kegiatan ini dipandang sangat penting karen dengan motivasi maka membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

Hari Kamis, 14 September 2019 mejadi hari yang isntimewa bagi para peserta motivasi. Yakni, berbeda dengan hari-hari motivasi sebelumnya. Pada kesempatan ini kegiatan motivasi pagi sangat special karena diisi langsung oleh Kepala Sekolah yang baru sepekan yang lalu memperoleh gelar Doktor (S.3) Manajemen Pendidikan Pasca Asrjana UM Malang.

Semangat dari para guru yang mengikuti kegiatan tersebut menjadi luar biasa karena akan mendapatkan materi yang luar biasa. Selama kurang lebih 90 menit semua yang hadir ikut larut serius mengikuti kegiatan ini.

Banyak hal yang di paparkan oleh Ibu Rini (sapaan akrab di sekolah), bahwa beliau menyampaikan beberapa hal diantara beliau mengupas tuntas tentang pentingya motivasi ini. Beliau menyampaikan bahwa dalam motivasi ini ini dapat diisi dengan materi motivasi, curhat, saling menguatkan satu dengan  lainnya.  

Ada dua jenis motivasi yaitu termotivasi dan demotivasi. Seseorang yang termotivasi akan melakukan hal yang positif, sedangkan yang demotivasi  cenderung menanggapi dengan hal negatif. Golongan demotivasi umumnya jumlahnya lebih sedikit (minoritas), tetapi dapat mempengaruhi jumlah yang besar (termotivasi).  

Lebih dari itu, kepada seluruh civitas akademik, B Rini menyampaikan  Jika ada sesuatu yang negatif hendaknya kita segera mengingatkan dan mengajak untuk melakukan atau berfikir yang positif. Selain itu beliau menghimbau untuk tidak bekelompok dalam bekerja kecuali dalam Tim Work kepanitiaan.

Ketika berkumpul bersama  hendaknya membicarakan hal-hal yang dapat difahami semuanya.  tanpa membicarakan hal-hal yang negatif yang tidak kita inginkan sehingga terjadi kesalah fahaman. Jika ada kesalahan fahaman di sekolah akan ada kebijakan. Sebagai civitas akademik sekolah maka kita harus memberikan dukungan secara penuh terhadap semua kebijakan sekolah dengan mensyukuri sesuatu yang positif. Untuk itu beliau menghimbau untuk melakukan posting yaitu Positif Thinking.  

Pikiran positif adalah pikiran yang dapat membangun dan memperkuat kepribadian diri dan karakter (Sakina : 2008)

Berfikir positif adalah cara berfikir yang di proses secara positif yang menghasilkan energi yang positif, yaitu suatu energi yang akan menghasilkan pemikiran-pemikiran dan sikap-sikap yang baik yang dapat membuat manusia menjadi bersemangat, melakukan hal-hal yang benar dan menjadi bahagia. Berpikir positif adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap individu, karena dengan sifat ini, banyak hasil baik yang akan diperoleh. Pikiran positif tak akan membuat kita menjadi berhenti karena keterbatasan, namun pikiran positif justru akan membuat kita mencari kekuatan kita hari demi hari. Berpikir positif terdiri dari tiga komponen, yaitu muatan pikiran, penggunaan pikiran, dan pengawasan pikiran.

Menurut Ubaedy, muatan positif untuk pikiran adalah berbagai bentuk pemikiran yang memiliki kriteria: Benar (tak melanggar nilai-nilai kebenaran), Baik ( bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan), dan Bermanfaat (menghasilkan sesuatu yang berguna). (By Ims/Aka)

 

 

 

About udin

Check Also

DHIAH SAPTORINI, KASEK BERWAWASAN LINGKUNGAN TERBAIK

MALANG – Kepala SD Plus Al-Kautsar, Dhiah Saptorini, SE. M. Pd sukses menjadi juara 1 …

Leave a Reply