Home / Artikel / Persiapan Menuju Sukses UN-US BN 2014

Persiapan Menuju Sukses UN-US BN 2014

Menjelang Ujian Nasional, berbagai persiapan harus dilakukan oleh para siswa kelas akhir dari berbagai tingkatan mulai tingkat SD/MI ( Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah ), SLTP/MTs ( Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Madrasah Tsanawiyah ) dan juga SLTA / MA ( Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Madrasah Aliyah ). Persiapan yang harus dilakukan mulai mental, kesehatan dan kemampuan otak agar dalam pelaksanaan Ujian Nasional nanti bisa berhasil secara maksimal sesuai dengan diharapkan.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh siswa adalah:

1. Berdoa sebelum memulai mengerjaka. hal ini sangat penting karena manusia memeiliki keterbatasan dalam segala hal. dengan kekuatan doa, maka sesuatu yang diluar kemampuan kita akan mendapatkan pertolongannya.

2. Membawa kelengkapan ujian, seperti pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

3. Pecaya diri, yakin akan kemampuan pada diri sendiri. Yakin bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Karena percaya diri merupakan poin penting dari salah satu kesiapan dalam ujian nasional.

4. Konsentrasi, Rilek, cermat, dan sabar. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, pahami kata kunci dari masing-masing soal tersebut, berikan gaaris bawah bila diperlukan.

5. Mengisi LJK dengan teliti. Dalam mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK) sebaiknya hati-hati, jangan sampai basah, terlipat dan selalu menjaga LJK dari minyak, jika hal ini terjadi yang ditakutkan adalah tidak mesin scanner tidak dapat mendeteksi jawaban anda. Tentunya hal ini sangat fatal.

6. Memeriksa kembali LJK. Setelah selesai mengerjakan luangkan wakyu kalian 15 menit untuk memeriksa kembali jawaban yang telah kalian bubuhkan. Hindari kecerobohan kalian dengan tidak berkonsntrasi atau berambisi segera meninggalkan kelas.

6. Akhiri dengan do’a. Sesudah mengerjakan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya untuk melakukan suatu usaha jika hambaNya mengiringi usahanya tersebut dengan berdoa.

7. Berucap Syukur. Setelah menyelesaikan semua pekerjaan dan kalian diberikan keberhasilan dalam ujian ini jangan lupa bersyukur. Karena dengan syukur Allah akan memberikan tambahan nikmat, misalnya kemudahan dalam memperoleh sekolah di jejang yang lebih tinggi dan lain sebagainya.

Download Kisi-kisi US-BN PAI SD TP 2013-2014 ;

 

About

Check Also

Tipe Orang Tua yang Anaknya Rentan Jadi Korban Bullying

Dr. Dhiah Saptorini, S.E, M, Pd. (Kepala Sekolah SD Plus Al-Kautsar Malang) Saya bisa membayangkan …

Leave a Reply