Home / Berita / Tebarkan Kasih Sayang Di Bulan Muharram 1435 H

Tebarkan Kasih Sayang Di Bulan Muharram 1435 H

Bulan Muharam adalah bulan yang mulia diantara 12 bulan dalam kelender Islam. Allah berfirman,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. At-Taubah: 36)

Yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzul Qa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham شهر الله الأصم, yang artinya Bulan Allah yang Sunyi karena larangan berperang itu.

Dari Abu Bakrah radhiallahu‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Sesungguhnya zaman berputar sebagai mana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Di bulan ini terdapat hari asy syura tanggal 10 Muharam. Pada hari asy syura ini terdapat berbagai macam keistimewaan sebagai bukti kebesaran kekuasaan Allah SWT, diantaranya :

Nabi Musa AS dan ummatnya mendapat kemenangan dan keselamatan dari Allah swt. dengan hancurnya Fir’aun beserta bala tentaranya yang ditenggelamkan Allah di lautan tepat pada 10 Muharram. Karena itu setiap 10 Muharram Nabi Musa berpuasa dengan menghaturkan syukur kepada Allah swt.

Nabi Adam AS, diampu serta diterima taubatnya setelah memakan buah khuldi, yang menyebabkan beliau dihukum oleh Allah SAW dan diturunkan ke dunia ini. Dengan kesalahan itu beliau bertaubat selama bertahun – tahun lamanya.

Nabi Idris AS, diangakat menuju tempat yang tinggi (langit).

Nabi Yusuf AS, dikeluarkan dari penjara.

Nabi Ya’kub AS,dikembalikan / disembuhkan penyakit mata beliau.

Nabi Ayyub AS, dibuka / diselamatkan dari mara bahaya.

Nabi Yunus AS, dikeluarkan dari dalam perut ikan khut.

Nabi Daud AS,diampuni segala dosa – dosanya.

Nabi Sulaiman AS, diberikan kerajaan untuk menyambut kedatangan ratu Bilqis.

Nabi Muhammad SAW, Di ampuni segala dosa baik yang telah lampau maupun yang belum dikerjakannya.

Semua kejadian tersebut di yakini terjadi pada hari Asyura’ ini.

Selain itu, Hari pertama kali Allah menciptakan dunia ini, serta pertama kali diturunkannya hujan dari langit juga terjadi pada hari asyura’ ini.

Hari dimana pertama kalinya rahmat Allah diturunkan ke dunia ini.

Di hari asyura’ inilah Allah SWT menciptakan arys, lauhul mahfudz, al-qolam, menciptakan malaikat jibril AS, dan mengangkat nabi Isa AS ke langit, serta hari dimana akan terjadi qiyamat.

Adapun amaliyah yang dapat dilakukan pada hari asy syura ini diantaranya adalah berpuasa sunnah asy syura, bersilaturohmi, berkunjung ke orang alim, memperbanyak sedekah, menyantuni anak yatim piatu dan lain sebaganya.

Dalam rangka memberikan pembelajaran kepada para peserta didik dan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang kepada anak yatim piatu, dan juga sebagai rasa syukur atas nikmat yang dianugerahkan Allah kepada kita semua, SD Plus Al-Kautsar  mengadakan kegiatan santunan kepada anak yatim piatu yang dimulai sejak tanggal 11-13 Nopember 2013.

Kegiatan sekolah di bulan Muharam ini tidak hanya dalam bentuk santunan saja, namun pada H-1, datangnya bulam Muharam 1435 H. pendidik bersama peserta didik bersama-sama menyelenggarakan kirab Muharam dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2.5 km, dengan membawa slogan untuk mengingatkan dan memotivasi masyarakat akan datangnya bulan yang agung ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita sebagai umat Islam memiliki tahun Hijriyah yang selama ini kedatangannya kurang diperhatikan oleh umat Islam. Kegiatan ini juga diikuti oleh sekolah-sekolah di lingkungan Gugus 8 Kecamatan Blimbing.

Dana Santunan yang sudah terkumpul di Bagian Humas sekolah akan disampaikan kepada pada anak yatim piatu di intern SD Plus Al-Kautsar Malang, ada sekitar 13 peserta didik yang akan disantuni. Santunan ini diberikan dalam bentuk tabungan pendidikan dengan bekerja sama dengan Bank BRI Kota Malang.

Pelaksanaan santunan ini pada hari Jum’at, 15 Nopember 2013, di gedung serba guna SD Plus Al Kautar Malang, mulai jam 9.00-10.00 yang di hadiri oleh anak yatim piatu di dampingi orang tua perserta didik, guru dan karyawan sekolah. dan GPAI se gugus 8 kecamatan Blimbing.

About

Check Also

Datangkan Guru dari Spanyol, Belajar Makin Asik

Siswa SD Plus Al-Kautsar Nampak lebih semangat di kelas. Mereka antusias mengikuti kelas bahasa Inggris …

Leave a Reply