Home / Berita / SD Plus Al Kautsar Bagikan Daging Kurban dalam Besek

SD Plus Al Kautsar Bagikan Daging Kurban dalam Besek

SD Plus Al-Kautsar mengajarkan pendidikan lingkungan dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban. Agenda tahunan sekolah di Jalan Simpang L.A Sucipto ini digelar berbeda dengan semangat potong hewan kurban tanpa pencemaran lingkungan sekolah.

Dari pukul 08.00 WIB, guru dibantu oleh siswa dari Dewan Anak terlihat sibuk memotong daging dan mengemasnya.

Kita kemas dagingnya dengan besek agar terlihat lebih rapi. Juga meminimalisir banyak sampah plastik di lingkungan masyarakat, ucap Kabag Humas SD Plus Al-Kautsar, Darmaji, S.Ag kepada Malang Post.

Tak hanya itu, kotoran hewan yang disembelih langsung dikubur dengan kedalaman tertentu, dengan tujuan untuk dijadikan kompos. Demikian juga bagian-bagian tubuh hewan yang sekiranya tidak termanfaatkan.

Kita upayakan tidak ada sisa dari penyembelihan hewan ini, untuk menghindari limbah yang akan mencemari lingkungan, tegasnya.

Dengan demikian, sekolah dengan gelar Adiwiyata Mandiri ini kembali menjadi contoh bagi masyarakat, termasuk sekolah-sekolah lain yang juga melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Yaitu dalam hal menjaga lingkungan agar tetap bersih dari pencemaran.

“Kalau dibuang di kali atau di tempat lain tentu akan mencemari lingkungan,” katanya.

Ketua Panitia Kurban, Fachrudin Rifan, S.Pd mengatakan, seperti tahun sebelumnya, pembagian daging hewan kurban dilakukan dengan sistem kupon. Sebanyak 250 kupon dibagikan kepada warga RW 10 dan 11 Kelurahan Pandanwangi.

Tahun ini, SD Plus Al-Kautsar menyembelih dua ekor sapi dan 16 kambing. Satu ekor sapi diantaranya merupakan hewan hasil sodaqoh dari guru dan siswa. Sisanya murni hewan kurban dari guru, siswa dan wali siswa.

About SD Plus Al-Kautsar Malang

Check Also

KIRAB MUHARRAM 1440 H.

Kirab Muharram merupakan salah satu tradisi kegiatan yang selalu dirayakan oleh peserta didik SD Plus …

Leave a Reply