Home / Artikel / SD PLUS AL-KAUTSAR, GELAR TRAINING DI BALEKAMBANG

SD PLUS AL-KAUTSAR, GELAR TRAINING DI BALEKAMBANG

SD PLUS AL-KAUTSAR, GELAR TRAINING DI BALEKAMBANG

MALANG – Kepala SD Plus Al-Kautsar Dr. Dhiah Saptorini, SE. M.Pd, bersama-sama seluruh dewan guru melaksanakan kegiatan training dan outing tenaga pendidik. Kegiatan ini digelar pada Sabtu (4/11) lalu, di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Ada dua tujuan utama dalam kegiatan ini, yaitu untuk merefresh kembali pikiran guru agar tetap semangat dalam menjalankan tugasnya, serta penguatan komitmen  mereka sebagai pendidik di SD Plus Al-Kautsar.  
Dalam hal ini Dhiah Saptorini mengatakan, penguatan komitmen perlu dilakukan untuk kembali menguatkan niat dan tekad guru dalam mengabdi.
Meskipun kami ini terbilang pemain baru, tapi sudah banyak yang kami lakukan untuk pendidikan khususnya di Kota Malang, katanya.
Menurut Rini, sapaan akrabnya, Sumber Daya Manusia (SDM) terdiri dari dua unsur yang saling menguatkan, yakni komitmen dan kompetensi. Jika selama ini pihaknya sudah seringkali melakukan penguatan kompetensi guru, maka unsur komitmennya juga perlu dilakukan penguatan.
Kalau urusan kompetensi sudah kita lakukan secara rutin, maka mestinya komitmen juga harusnya selalu difreshkan, ujarnya.
Ia menambahkan kegiatan training dan outing pendidik harus sering dilakukan. Apalagi saat ini SD Plus Al-Kautsar sudah memiliki kompartemen yang lengkap.
Oleh karena itu penguatan unsur SDM nya sangat penting dilakukan, kata dia.
SDM guru yang kuat akan berdampak pada kuatnya akar komitmen di jajaran para guru. Dengan demikian, lanjut Rini,  SD Plus Al-Kautsar akan semakin kuat di tengah isu-isu miring yang seringkali menerpa sekolah.

Semakin tinggi pohon tentu semakin kuat anginnya. Maka kami berharap guru semakin solid untuk menghadapi itu semua. Meskipun kami harus perang di udara dan di darat, tuturnya.

Rini menambahkan melalui kegiatan training ini, hati para guru SD Plus Al-kautsar semakin menyatu dengan rasa kekeluargaan yang kuat.

Menjalankan tugas dengan dengan rasa kekeluargaan itu rasanya berbeda. Perasaan hati yang sama akan mempermudah dalam menjalankan tugas pendidikan, tambahnya.  

Kepala Bidang Humas SD Plus Al-Kautsar Darmaji, S. Ag mengatakan dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan fun games. Tujuannya untuk menghilangkan rasa junuh yang mungkin selama ini guru disibukkan dengan tugas mengajar.

Intinya refreshing saja, biar otak kembali fresh dan kebersamaan kita semakin kuat, ujarnya.

Beberapa game yang dimainkan antara lain perahu terbalik, train estafet, ombak dan lain-lain. Salah satu tujuannya untuk melatih fokus kita, agar saat kita menjalankan tugas tetap konsentrasi, terangnya.

Darmaji menambahkan tidak semua guru yang diikutkan dalam kegiatan tersebut. Hanya guru-guru angkatan lama dan memang waktunya untuk berkomitmen. Sementara yang relatif masih baru berada di sekolah untuk tetap melaksanakan tugas mengajar sebagaimana mestinya.

Meskipun kebanyakan guru ada di sini (Balekambang, Red), kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Guru-guru yang ikut dalam penguatan komitmen ini kami harapkan bisa menularkan ke guru yang masih baru, pungkasnya. (Malang Pos: Minggu, 05 Nopember 2017)

About udin

Check Also

SD PLUS AL-KAUTSAR GELAR WORKSHOP INTERNASIONAL

MALANG – SD Plus Al-Kautsar menggelar workshop internasional yang diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari …

Leave a Reply