Home / Artikel / SD Plus Al-Kautsar Malang Miliki 70% Ruang Terbuka Hijau

SD Plus Al-Kautsar Malang Miliki 70% Ruang Terbuka Hijau

Lingkungan adalah salah satu bagian terpenting dari bumi ini. Sebagai salah satu bagian dari bumi ini, lingkungan sangat berperan bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup yang ada di bumi. Sebagaimana kita tahu, pemanfaatan lingkungan masih belum sesuai dengan harapan terwujudnya lingkungan yang nyaman. Selain itu dengan semakin berkembangnya lahan menjadi pemukiman, maka semakin hilang pula ruang terbuka (open space) untuk artikulasi dan kesehatan masyarakat.

            Ruang terbuka hijau (green openspace) adalah kawasan atau areal permukaan tanah yang didominasi oleh tumbuhan yang berfungsi untuk perlindungan habitat tertentu, untuk meningkatkan kualitas atmosfer, dan juga menunjang kelestarian air dan tanah. Ruang terbuka hijau yang ideal adalah 30% dari luas wilayah. Namun di kota besar yang ada di Indonesia, hanya memiliki 10 % ruang terbuka hijau dari luas kota. Padahal ruang terbuka hijau ini sangat diperlukan untuk kesehatan, arena bermain, olahraga, dan komunikasi publik.

SD Plus Al-Kautsar memiliki 70 % ruang terbuka hijau. Perlu kita tahu bahwa kebutuhan ruang terbuka hijau yang disyaratkan adalah:

  1. berdasarkan proses netralisasi CO2 membutuhkan 36% dari luas area
  2. berdasarkan kebutuhan air membutuhkan 24% dari ruang
  3. berdasarkan jumlah penduduk berkisar antara 1.200 orang/Ha

SD Plus Al-Kautsar didirikan di atas lahan seluas 10.800 m2 dengan lebih dari 70 % ruang terbuka hijau dan selebihnya berupa bangunan. Ruang terbuka hijau yang ada di SD Plus Al-Kautsar Malang terdiri dari kebun organik, kebun toga, lapangan sepakbola, taman, area komposting, kolam renang, area pembibitan, dan area tanaman langka. Dengan banyaknya tanaman di area sekolah, menjadikan udara di sekitar sangat segar. Siswa pun memiliki arena bermain yang sangat luas serta mendapatkan pengalaman belajar langsung dengan memanfaatkan area untuk pembelajaran di luar kelas berupa pembelajaran tanaman langka, pembelajaran humus dan komposting, dll.

Dengan keunggulan tersebut,  SD Plus Al-Kautsar Malang merupakan lingkungan yang sangat tepat dan nyaman bagi pembelajaran dan perkembangan siswa usia SD yang sangat aktif. Selain itu pada tahun 2014, SD Plus Al-Kautsar Malang juga terpilih sebagai Sekolah Dengan Ruang Terbuka Hijau Tervaforit dalam kegiatan Green School Festival  yang digagas  Jawa Pos Radar Malang. (Why)

About SD Plus Al-Kautsar Malang

Check Also

Kapan Anak Bisa “Bermedsos”?

Dr. Dhiah Saptorini, S.E, M, Pd. (Kepala Sekolah SD Plus Al-Kautsar Malang)   “Hari gini …

Leave a Reply