Home / Artikel / SD Plus Al-Kautsar Ajarkan Silaturahmi Lewat Salat Jumat

SD Plus Al-Kautsar Ajarkan Silaturahmi Lewat Salat Jumat

SD Plus Al-Kautsar memiliki komitmen yang tinggi terhadap pembentukan akhlak yang luhur. Setiap program yang dijalankan sekolah di Jalan Simpang Adi Sucipto ini bermuatan nilai akhlak. Dengan harapan program-program tersebut mengandung makna dan nilai adab yang berimbas pada karakter siswa. 

Salah satu contohnya melalui bimbingan salat berjamaah di masjid karena keutamaannya yang jauh lebih banyak daripada salat sendirian, berjamaah di masjid juga mengajarkan nilai-nilai sosial. Di masjid seorang muslim bisa bertemu dan berkumpul dengan muslim lainnya. Disinilah tempat mengajarkan anak nilai-nilai akhlak melalui silaturahmi dengan berjamaah di masjid.

Salah satu program konkrit yang aplikatif  tentang salat berjamaah ini yakni pendidikan Salat Jumat di masjid. Setiap Hari Jumat seluruh siswa SD Plus Al-Kautsar dari kelas 3 hingga kelas 6 dibimbing untuk menjalankan ibadah Salat Jumat ke Masjid Al-Hidayah Blimbing.  Sekolah ingin menanamkan kesadaran Salat Jumat kepada siswa sejak dini, agar siswa terbiasa untuk salat jumat saat dewasa nanti.  

Salat Jumat siswa juga diajarkan salat-salat sunnah. Seperti salat sunnah tahiyatul masjid, salat sunnah qobliyah dan badiyah jumat. Para siswa juga dibimbing untuk mengikuti zikir sesuai tuntunan imam di masjid. Termasuk jika ada tahlil atau salat ghaib. Penanaman akhlak sejak dini melalui salat berjamaah di masjid kepada anak-anak sebagai salah satu bentuk komitmen Sekolah Akhlak.

About SD Plus Al-Kautsar Malang

Check Also

Menggapai Berkah Bersama Anak Yatim di Bulan Muharram

Muharram merupakan bulan mulia yang patut diisi dengan cara memperbanyak amal kebajikan. Di bulan yang …

Leave a Reply