Home / Artikel / Sekolah Berbasis Produksi

Sekolah Berbasis Produksi

Selain disebut sebagai sekolah berbasis lingkungan, SD Plus Al Kautsar mendeklerasikan dirinya sebagai sekolah berbasis produksi. SD Plus Al Kautsar kini memproduksi “Tahu Istimewa” dan minuman “Sari Kedelai”. Makanan menyehatkan ini diproduksi sendiri oleh siswa dengan bimbingan guru. Tahu istimewa merupakan produk unggulan di sekolah ini, karena tahu yang diproduksi bisa langsung dikonsumsi dengan rasa khas gurih dan nikmat (tanpa digoreng atau diolah lagi). Setiap produksi tahu istimewa, civitas akademik khususnya para guru langsung memesan kepada bagian produksi, dan tidak pernah tersisa.

Selain memproduksi tahu istimewa, kami juga memproduksi sari kedelai dengan aneka rasa yaitu melon, strawberry, mocca, anggur, coklat dan orange dengan harga yang murah. Produk ini sangat digemari oleh para siswa khususnya. Hal ini terbukti dengan antusias para siswa pada saat membeli, semua hasil produksi sari kedelai ini habis terjual dalam waktu 2 jam.

Produksi tahu istimewa dan sari kedelai segar ini adalah salah satu upaya sekolah mengenalkan jiwa kewirausahaan sejak masih kecil. Karena itulah dalam proses produksi hingga penjualan, seluruh siswanya dilibatkan. Untuk produksinya dilaksanakan di sebuah “GAZEBO MINI” yang ada di sekolah.

Di sana sudah tersedia alat produksi pembuatan tahu istimewa dan sari kedelai yang lengkap yang dibeli oleh sekolah. Sebelumnya para guru sudah dilatih bagaimana cara mengoperasikan termasuk bagaimana membuat tahu yang sehat tanpa limbah tersebut. Dan juga dalam pelatihan tersebut dibekali dengan berbagai macam resep bagaimana tahu yang diproduksi terasa gurih, sari kedelai terhidar dari bau asli kedelai yang tidak sedap dan beberapa resep pengolahan limbah tahunya.

Karena sifatnya masih pembelajaran maka sementara ini waktu pembuatannya dilaksanakan pada hari Rabu dan Jumat..  Dan  tidak menampik jika ke depan produksi ini bisa dipasarkan lebih luas lagi dengan melihat respon masyarakat terlbih dahulu. Apabila mendapat respon yang baik, maka sangat memungkinkan maka akan ditingkatkan lagi produksi tahu sistiwewa dan sari kedelainya. Terutama produk tahu sehat SD Plus Al Kautsar yang gurih dan empuk.

Dalam produksi tahu istimewa ini, Kami menggunakan nigarin yang diambil dari proses penyulingan air laut. Karena menggunakan nigarin, tahu ini menjadi produksi alami bebas bahan pengawet. Bisa tahan lebih dari dua hari saja jika disimpan dalam lemari es atau direndam air matang. Untuk proses komersialisasi, saat ini sekolah juga sudah mendaftarakan produk ini ke Dinas Kesehatan dan Badan POM dengan label merknya, “Telaga Al Kautsar” Plus. (by.Ims/Humas)

About

Check Also

Kapan Anak Bisa “Bermedsos”?

Dr. Dhiah Saptorini, S.E, M, Pd. (Kepala Sekolah SD Plus Al-Kautsar Malang)   “Hari gini …

Leave a Reply