Home / Artikel / Selalu Membuka Diri

Selalu Membuka Diri

Menjadi sekolah yang dikenal sebagai lembaga pendidikan yang sangat menghargai lingkungannya, SD Plus Al-Kautsar memberikan pesona tersendiri sebagai sekolah unggul di Kota Malang. Performa sekolah yang semakin baik menjadi hal yang menarik bagi sekolah-sekolah lain untuk berkunjung ke sekolah di Simpang Adi Sucipto ini termasuk Taman Kanak-Kanak.

Seperti yang terlihat pada beberapa hari yang lalu, puluhan siswa-siswi TK Ulul Albab datang berkunjung ke SD Plus Al-Kautsar untuk mengetahui lebih banyak tentang sekolah Adi Wiyata tersebut. “Kami tertarik dengan lingkungan sekolah ini (SD Plus AL-Kautsar), sebab lingkungannya hijau dan bersih,” ujar Iswati, Guru TK Ulul Albab kepada Malang Post.

Di tingkat Taman Kanak-kanak sendiri memang terdapat materi pelajaran tentang lingkungan hidup.  Ia merasa membawa para siswa ke SD Plus Al-Kautsar merupakan langkah yang tepat, karena lingkungannya dinilai sesuai dengan materi yang diajarkan.

Sementara itu kordinator Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SD Plus Al-Kautsar, Esti Rahmawati, S.Si mengatakan pihaknya memang seringkali kedatangan tamu kunjungan dari sekolah lain, termasuk Taman Kanak-Kanak. “Kami selalu membuka diri bagi mereka yang ingin belajar bersama di sini. Terutama dalam bidang lingkungan hidup,” ujar Esti, sapaannya.

Selama ini ada banyak materi yang diajarkan pada para pengunjung SD Plus Al-Kautsar. Antara lain pemilahan dan pengolahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik diolah menjadi pupuk yang dipakai untuk menyuburkan tanaman di taman sekolah. Sedangkan yang anorganik didaur ulang menjadi bahan-bahan keterampilan yang dimanfaatkan siswa dalam berkarya. Materi lain yang tak kalah uniknya adalah pengolahan kacang kedelai menjadi bermacam bahan makanan yang dapat dikonsumsi masyarakat termasuk menjadi minuman sari kedelai. “Kalau pengolahan sari kedelai ini kita sudah mulai sejak dua tahun yang lalu. Nah sekarang anak-anak kita sudah bisa mengolah sendiri” tambah Esti.

Ia menjelaskan PLS merupakan program yang menjadi rangkaian dari kegiatan open house SD Plus Al-Kautsar. Untuk itu tentu tak hanya sekedar pengenalan lingkungan taman sekolah saja, akan tetapi banyak yang dikenalakan kepada para pengunjung. Selain kegiatan outbond  dan menanam, juga pengenalan program bilingual, karya seni dan pembelajaran multimedia. “Semua yang kami miliki kami kenalkan, untuk mendukung proses pendidikan mereka. Dan kami terbuka buat siapa saja yang ingin berkunjung. Tentunya kami mendahulukan yang lebih dulu melakukan sosialisasi,” pungkasnya. (imm/nda)

Dikutip dari : http://www.malang-post.com/edupolitan/80577-selalu-membuka-diri- Edisi, Sunday, 19 January 2014 11:40

About

Check Also

Kapan Anak Bisa “Bermedsos”?

Dr. Dhiah Saptorini, S.E, M, Pd. (Kepala Sekolah SD Plus Al-Kautsar Malang)   “Hari gini …

Leave a Reply