Home / Berita / Tumbuhkan Semangat Cinta Lingkungan, SD Plus Al-Kautsar Bentuk Kader Lingkungan

Tumbuhkan Semangat Cinta Lingkungan, SD Plus Al-Kautsar Bentuk Kader Lingkungan

Dalam rangka mencetak generasi yang peduli dan cinta lingkungan, SD Plus Al-Kautsar menggelar pelatihan untuk para siswanya.  Selama dua hari sejak (22/2), sebanyak 30 siswa kelas IV, mengikuti pelatihan kader lingkungan. Kegiatan ini menjadi ajang bagi para siswa untuk dipilih menjadi kader lingkungan saat mereka di kelas V tahun ajaran yang akan datang.  

Pendidikan dan membentuk kader lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi SD Plus Al-Kautsar.  Mengingat sekolah di Jalan Simpang Adi Sucipto ini,  sudah bergelar Adiwiyata Mandiri. Dan kini, SD Plus Al-Kautsar tengah berupaya meningkatkan semangat cinta lingkungan mereka hingga ke tingkat Asia.  

Selama pelatihan para calon kader lingkungan ini ditempa dengan berbagai materi yang berkaitan dengan adiwiyata.  Seperti pengolahan sampah,  pembuatan kompos dan biopori. “Yang pada akhirnya mereka yang terpilih nanti bertanggungjawab terhadap lingkungan sekolah,” ujar,   Fakhrudin Rif’an, S.PdI staf Kabag Humas.  

Koordinator acara,  Rona Qori Jannah,  A.MG mengatakan, dari 30 siswa yang mengikuti pelatihan sudah dipastikan menjadi kader lingkungan di SD Plus Al-Kautsar. Pelatihan tersebut digelar sebagai upaya partisipatif dari para siswa akan program-program lingkungan di sekolah. Harapannya anak-anak menjadi motivator cinta lingkungan, baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat, ungkapnya.    

Hari pertama para siswa belajar tentang isu-isu tentang lingkungan baik lokal maupun global. Dilanjutkan dengan materi pengolahan sampah,  energi, keanekaragaman hayati, air dan makanan. 

Materi di hari kedua, lebih implementatif. Para kader ini diajarkan untuk praktek langsung cara membuat kompos,  mengolah sampah plastik,  biopori dan tanaman organik.  

Ketika sudah bertugas nanti, tugas mereka dibagi menjadi kelompok kerja (Pokja). Antara lain pokja sampah, pokja kompas, pokja daur ulang, pokja Ruang terbuka hijau, pokja air dan energi dan pokja tahu. Semoga mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai kader lingkungan yang dibanggakan oleh SD Plus Al-Kautsar, ucap Qori, sapaannya.

About SD Plus Al-Kautsar Malang

Check Also

SD Plus Al Kautsar Bagikan Daging Kurban dalam Besek

SD Plus Al-Kautsar mengajarkan pendidikan lingkungan dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban. Agenda tahunan sekolah di …

Leave a Reply