Home / Artikel / Tumbuhkan Semangat Kerja dan Percaya Diri dengan Motivasi Pagi

Tumbuhkan Semangat Kerja dan Percaya Diri dengan Motivasi Pagi

Dalam kehidupan yang penuh dengan kegiatan dan rutinitas sehari-hari, manusia tidak akan terlepas dari permasalahan. Setiap permasalahan ada yang dapat kita pecahkan sendiri, ada pula yang membutuhkan masukan dari  orang lain. Pun dalam bekerja, seseorang pasti membutuhkan dorongan motivasi agar apa yang dikerjakannya berjalan sesuai keinginan dan mendapat hasil yang maksimal. Motivasi tersebut dapat berasal dari diri sendiri maupun orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan kegiatan perlu adanya motivasi agar kegiatan itu berjalan dengan lancar sesuai keinginan dan mendapatkan hasil yang maksimal. Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu. Dengan adanya motivasi kinerja kegiatan akan terlihat apakah kita bekerja maksimal atau tidak dan tentunya akan berdampak hasil yang didapat. Banyak sekali faktor-faktor yang membuat kita menjadi malas dalam melakukan sesuatu. Misalnya dalam melakukan pekerjaan kita mendapat upah kecil, sedangkan usaha yang kita berikan kepada perusahaan sangat besar sehingga membuat kita tidak semangat lagi untuk bekerja di perusahaan itu. Kegagalan yang kita dapatkan saat nilai ujian kita jauh dari hasil yang ingin kita capai, membuat mahasiswa itu tidak bersemangat lagi dalam menjalani perkuliahan.

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh seluruh guru dan karyawan SD Plus Al-Kautsar adalah Motivasi Pagi. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2010, setiap hari Senin- Kamis yang dibagi dalam 2 sessi. Sessi pertama diikuti oleh seluruh guru keals 1,2,3 dan 6 dan karyawan. Sedangkan pada sessi-2 diikuti oleh guru kelas 4 dan 5.

Kegiatan motivasi pagi diawali dengan pembacaan bersama ayat-ayat Al-Qur’an Bittartil dibimbing oleh Ustadz Syamsudin, S.Pd.I. yang dilanjutkan dengan kajian keislaman tentang makna atau isi kandungan dari ayat yang dibaca. Pada kesempatan lain, saat kajian keislaman juga di berikan waktu untuk mendiskusikan beberapa hal terkait materi atau isi kandungan ayat Al Qur’an. Banyak hikmah yang di peroleh oleh para guru dan karyawan setelah mengikuti kegiatan ini. Diantaranya, tumbuhnya semangat untuk bekerja semata-mata mencari ridho Allah, ketengan hati, keakraban dan ilmu yang disampaikan oleh para motivator serta kemampuan untuk berbicara, menyampaikan buah pikiran yang membuahkan rasa percaya diri para motivator.

Dalam kesempatan lain, seorang  guru yang terjadwal menjadi motivator di perkenankan untuk menyampaikan dan mencurahkan isi hati secara bijak, bercerita tentang pengalaman pribadinya yang bertujuan memberikan motivasi  pada peserta yang lain. Karena sesungguhnya pelajaran yang berharga  berasal dari pengalaman baik diri sendiri maupun orang lain. Kegiatan motivasi pagi diakhiri dengan pembelajaran bahasa Inggris, serta penyampaian beberapa kata bijak sebagai kesimpulan dari motivasi pagi hari tersebut. (By.Ims/Sty/Humas)

About

Check Also

SD PLUS AL-KAUTSAR, GELAR TRAINING DI BALEKAMBANG

SD PLUS AL-KAUTSAR, GELAR TRAINING DI BALEKAMBANG MALANG – Kepala SD Plus Al-Kautsar Dr. Dhiah …

Leave a Reply