Home / Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, Misi, dan Tujuan

 

Visi

Visi sekolah merupakan cita-cita bersama warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang, yang mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan. Adapun Visi SD Plus Al-Kautsar Malang adalah “Menjadi sekolah yang ideal untuk menumbuhkembangkan insan Indonesia Islami, cerdas, kreatif , berbudaya dan peduli lingkungan”.

 

Misi

Misi adalah tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. Jadi misi merupakan penjabaran visi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan visi. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya. Adapun misi SD Plus Al-Kautsar Malang adalah :

  1. Menyiapkan generasi unggul yang memiliki kompetensi di bidang IMTAQ yang diukur dari akhlaknya, dan IPTEK yang diukur dari cara berpikir dan keterampilan ilmiahnya.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif.
  3. Menumbuhkembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa (noble values) pada seluruh warga sekolah.
  4. Membimbing siswa menjadi sumber daya manusia yang sehat, Islami, aktif, kreatif, dan inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
  5. Membangun citra sekolah sebagai lembaga pendidikan terpercaya di masyarakat dengan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.
  6. Membangun sistem persekolahan berkualitas yang komprehensif meliputi pengelolaan input, proses, dan output pendidikan.
  7. Menumbuhkembangkan budaya warga sekolah dalam upaya perlindungan terhadap lingkungan dan sumber daya alam.
  8. Menumbuhkembangkan budaya warga sekolah dalam upaya pelestarian terhadap lingkungan dan sumber daya alam.
  9. Menumbuhkembangkan budaya warga sekolah dalam upaya pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan serta sumber daya alam.

 

Tujuan

Jika visi dan misi terkait dengan jangka waktu yang relatif panjang, maka tujuan dikaitkan dengan jangka waktu menengah. Dengan demikian tujuan pada dasarnya merupakan tahapan atau langkah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Adapun tujuan penyelenggaraan SD Plus Al-Kautsar Malang adalah sebagai berikut:

  1. Mendidik siswa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mencintai kehidupan spiritual serta berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani.
  2. Mengembangkan seluruh potensi dan keunikan individual siswa secara optimal dengan dukungan yang sinergi dari keluarga.
  3. Memberikan bekal bagi para lulusan agar siap bersaing dengan lulusan satuan pendidikan lainnya, baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
  4. Mentransfer dan mentransformasikan ilmu pengetahuan agar siswa memiliki dasar–dasar pengetahuan, pola pikir, dan ketrampilan hidup untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta menjadi insan yang bertanggung jawab terhadap Tuhannya, dirinya, keluarganya, masyarakat dan negaranya.
  5. Menanamkan jiwa patriotisme kebangsaan dan cinta  tanah air.
  6. Menanamkan konsep belajar sepanjang hayat (life long education) agar siswa mampu mengembangkan dirinya secara mandiri dan berkelanjutan.
  7. Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat sebagai aspek pengiring dalam penyelenggaraan pendidika
  8. Seluruh warga sekolah mampu melakukan upaya perlindungan terhadap lingkungan dan sumber daya alam.
  9. Seluruh warga sekolah mampu melakukan upaya pelestarian terhadap lingkungan dan sumber daya alam.
  10. Seluruh warga sekolah mampu melakukan upaya pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan serta sumber daya alam.