Home / Visi dan Misi Sekolah

Visi dan Misi Sekolah

A. VISI SEKOLAH

            Visi sekolah merupakan cita-cita bersama warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan yang mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan dalam mengemban amanah pendidikan. Visi sekolah membutuhkan waktu yang panjang untuk mewujudkannya, serta upaya yang melibatkan seluruh komponen dan sumberdaya sekolah. Visi SD Plus Al-Kautsar Malang adalah Menjadi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, untuk menumbuhkembangkan insan Indonesia yang berakhlak mulia

            Dalam visi tersebut terdapat beberapa kata kunci yang merupakan manifestasi dari gambaran besar sebuah cita-cita, yang dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, merupakan predikat yang disandang SD Plus Al-Kautsar sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri. Predikat yang disematkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo pada tahun 2015 ini semakin mengokohkan komitmen SD Plus Al-Kautsar berkontribusi pada kelangsungan hidup umat manusia.

Adiwiyata bukanlah ajang kompetisi, melainkan hasil penumbuhan budaya cinta lingkungan. Predikat ini diraih setelah melalui berbagai upaya penumbuhan budaya warga sekolah dalam waktu panjang, bukan pemolesan semalam. Adiwiyata adalah tempat yang ideal untuk menumbuhkembangkan seluruh potensi peserta didik yang dilandasi iman dan taqwa, cinta tanah air dan bangsa, semangat kerjasama dan gotong royong, kemandirian, serta integritas diri.      

  1. Insan Indonesia yang berakhlak mulia, menunjuk pada individu unsur bangsa pembangun generasi dengan kualitas diatas rata-rata. Akhlak mulia adalah kunci utama dalam membangun generasi unggul di masa depan. Tidak ada harta sepadan dengan akhlak, tidak ada modal yang lebih kuat dari akhlak. Bila karakter masih dalam bentuk potensial, maka akhlak mulia adalah sebuah manifestasi jasmani dan ruhani, hasil pengejawantawahan keimanan dan ketaqwaan. Bila sebuah karakter hanya berlaku pada ruang dan budaya tertentu, maka akhlak mulia dapat terlihat kasat mata dan universalitasnya mampu menembus batas ruang dan budaya. Akhlak mulia merupakan puncak akumulasi nilai kemanusiaan dan bukan hanya sekedar bilik-bilik karakter yang menunggu untuk diisi.

 

B. MISI DAN TUJUAN

Misi adalah tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. Misi memuat indikator yang terukur dari tahapan pencapaian selama pembangunan visi. Berdasarkan visinya, maka Misi SD Plus Al-Kautsar Malang yaitu Membangun citra sekolah sebagai sekolah akhlak dengan:

  1. Menghasilkan lulusan yang :

    a. Menunjukkan perilaku Islami;

    b. Cerdas spiritual, intelektual, emosional, dan sosial;

    c. Kreatif dalam menghadapi tantangan pada zamannya;

    d. Sehat, aktif, dan inovatif

  2. Membangun komitmen dan loyalitas warga sekolah melalui sinergitas Islami yang menjunjung nilai-nilai luhur budaya  bangsa (noble values)
  3. Membangun sistem persekolahan berkualitas yang komprehensif meliputi pengelolaan input, proses, dan output pendidikan.
  4. Menumbuhkembangkan budaya warga sekolah dalam upaya perlindungan, pelestarian, serta pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan dan sumber daya alam.
  5. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif melalui budaya sekolah

Jika visi dan misi sekolah diwujudkan dalam jangka waktu yang relatif panjang, maka tujuan sekolah dapat dicapai dalam jangka waktu yang relatif pendek. Tujuan pada dasarnya merupakan tahapan atau langkah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Tujuan penyelenggaraan SD Plus Al-Kautsar Malang ditetapkan sebagai berikut.

  1. Mendidik peserta didik agar beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mencintai kehidupan spiritual, sehat jasmani dan rohani, serta berakhlak
  2. Mengembangkan seluruh potensi dan keunikan peserta didik secara optimal dengan dukungan yang sinergi dari keluarga.
  3. Memberikan bekal bagi para lulusan agar siap bersaing dengan lulusan satuan pendidikan lainnya, baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
  4. Mentransfer dan mentransformasikan ilmu pengetahuan agar peserta didik memiliki dasardasar pengetahuan, pola pikir, dan ketrampilan hidup untuk melanjutkan     ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta menjadi insan yang bertanggung jawab terhadap Tuhannya, dirinya, keluarganya, masyarakat dan negaranya.
  5. Menanamkan jiwa patriotisme kebangsaan dan cinta tanah air.
  6. Menanamkan konsep belajar sepanjang hayat (life long education) agar peserta didik mampu mengembangkan dirinya secara mandiri dan berkelanjutan.
  7. Seluruh warga sekolah mampu melakukan upaya perlindungan, pelestarian, serta pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan dan sumber daya alam.
  8. Mencitrakan sekolah sebagai penghasil lulusan berakhlak mulia dengan memanfaatkan berbagai wahana dan media secara efektif dan masif