Home / Artikel / Meraih Derajat Hamba yang Muttaqin

Meraih Derajat Hamba yang Muttaqin

Puasa atau Shiyam (bahasa Arab) adalah salah satu ibadah terbesar dan sebaik-baiknya amalan menuju ketaatan dan puasa ramadhan adalah puasa tertinggi dan wajib hukumnya bagi semua muslim. Allah menyatakan bahwa amalan puasa adalah untuk-Nya dan Dia langsung yang memberi balasan yang berlipat-lipat, dikhususkan dengan pintu surga dan dipanggillah orang-orang yang berpuasa darinya untuk masuk, tidak akan memasuki surga lewat pintu tersebut kecuali orang-orang yang berpuasa. Dengan berpuasa Ramadhan kita akan memperoleh derajat yang paling mulia disisi Allah SWT yaitu derajat Muttaqin. Untuk itulah marilah kita berusaha untuk meraihnya dengan menyempurnkan ibadah yakni dengan meningkatkan ibadah kita baik ibadah mahdzah maupun ghoiru mahdzah.

Ramadhan merupakan bulan penggemblengan ibadah. di bulan ini umat Islam melatih diri untuk mewujudkan ketaatannya kepada Allah SWT. Limpahan pahala dicurahkan oleh ALlah SWT di bulan yang mulia ini. Ibadah sunnah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan bernilai Ibadah wajib, sedangkan ibadah wajib pahalanya dilipat gandakan sampai seribu kali lipat. Bahkan di dalam bulan yang mulia ini Allah

memberikan sutau nikmat yang Maha Besar yang tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya yaitu Lailatul Qadar. Suatu malam yang istimewa yang hanya diberikan ALlah kepada umat Islam. Barangsiapa yang beribadah di malam itu mereka akan memperoleh pahala sama dengan beribadah selama seribu bulan atau kurang lebih delapan puluh tiga tahun empat bulan. Sungguh luar biasa nikmat Allah ini.

Menurut Jumhur ulama, mengatakana bahwa datangnya lailatul qadar ini adalah setahun sekali dan Allah turunkan pada sepluh hari terakhir di bulan Ramadhan, tepatnya pada malam ganjil. Oleh karena itu, seyognyanya kita sebagai probadi muslim harus mempersiapkan mulai sekarang untuk dapat menyempurkan ibadah terutama di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan ini. Mulai dari peningkatan ibadah sholat malam (Qiyamul Lail), membaca Al Qur’an dengan memahami arti dan kandungannnya (tadarus), memperbanyak sedekah dan senang menghadiri majlis ta’lim. menurut rosululloh SAW, bahwa barang siapa yang memberikan sedekah untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala puasa sama dengan orang yang berpuasa.

Keluarga Besar SD Plus Al kautsar Malang, mengucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H. semoga kita dapat menyempurnakan ibadah dan meraih magfiroh, rahmah Allah, shg kita memperoleh derajat muttaqin. Mohon Maaf lahir dan batin”.

About

Check Also

Tipe Orang Tua yang Anaknya Rentan Jadi Korban Bullying

Dr. Dhiah Saptorini, S.E, M, Pd. (Kepala Sekolah SD Plus Al-Kautsar Malang) Saya bisa membayangkan …

Leave a Reply