Home / Berita / Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

MAKNA SUMPAH PEMUDA

 

Peringatan hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 oktober 1928 merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, terutama bagi para pemuda-pemudi. Sumpah Pemuda merupakan bukti nyata lahirnya bangsa Indonesia. Sumpah pemuda juga merupakan  buah dari perjuangan rakyat Indonesia yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa Indonesia. Tekad ini menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaan. Para pemuda bersatu dan mengucapkan ikrar yang kemudian dinamakan Sumpah Pemuda.

Isi sumpah pemuda:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri. Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini, salah satunya dengan mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

SD Plus Al-Kautsar tidak mau melewatkan momen berharga ini. Karena itulah untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda kali ini, SD Plus Al-Kautsar mengadakan berbagai even yang diikuti oleh semua tingkat kelas. Lomba yang dilaksanakan diantaranya lomba baris berbaris dan lomba upacara. Lomba baris berbaris diperuntukkan bagi kelas 1, 2, dan 3. Sedangkan lomba upacara diperuntukkan bagi siswa kelas 4, 5, dan 6.

Sambutan tepuk tangan dari para siswa dan guru saat perlombaan baris berbaris berlangsung. Semua tidak menyangka bahwa siswa kelas 1, 2, dan 3 ternyata bisa melaksanakan baris berbaris dengan cukup baik. Tidak kalah meriahnya saat perlombaan upacara berlangsung. Para siswa kelas 4 juga tidak mau ketinggalan dengan kakak kelasnya yang sudah terlatih menjadi petugas upacara setiap hari Senin. Meskipun mereka belum terlatih, namun mereka terbukti mampu menampilkan keterampilan baris berbaris dan menaikkan bendera. Gemuruh tepuk tangan pun mengiringi penampilan para siswa.

Dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda ini, semoga menjadikan kita pemuda pemudi lebih baik di masa yang akan datang dan mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan demi kemajuan bangsa.

(by Ims/humas)

About

Check Also

Muliakan Muharram Dengan Santuni Anak Yatim

Muharram merupakan bulan mulia yang patut diisi dengan cara memperbanyak amal kebajikan. Itulah yang dikatakan …

Leave a Reply